Tuesday, April 30, 2013

CARA MEMBUAT SAMBEL PECEL

sudah lama nggak beli pecel... jarang pulang kediri... jadi pengin makan pecel di pinggir sawah...  Yang enak itu apanya sih...? nasi nya ??? atau sambel pecelnya .... Sambel pecel merupakan salah satu faktor yang membuat nasi pecel itu enak atau tidak. Makanya dalam pembuatannya memerlukan resep yang sudah terbukti kelezatannya. Kali ini admin ingin berbagi informasi kepada anda tentang cara mmbuat sambel pecel khas madiun yang terkenal uenak itu.

Resep Pertama membuat sambel Pecel :

Bahan :
1 kg kacang tanah

Bumbu :
1 ons cabai rawit
0,5 ons cabai keriting
1/4 kg gula merah
8 sdm gula putih
4 sdm garam
4 siung bawang putih
5 lembar daun jeruk purut dibuang tulang daunnya asam jawa secukupnya

cara pembuatan :
1. Sangrai (digoreng) kacang tanah sampai matang
2. Sangrai cabai rawit,cabai keriting, dan bawang putih 3. Lalu haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang ada lalu campurkan dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan kembali bersama-sama.

Resep Kedua nya :

Bahan:
250 ml air matang (kurang ya kalau kacangnya 250gr bisa ditambah sendiri ok)
250 gr kacang tanah, goreng, haluskan


Haluskan:
4 siung bawang putih
4 bh cabai merah
3 bh cabai rawit
5 cm kencur
6 lembar daun jeruk
1 sdt asam jawa
1 sdt terasi goreng
50 gr gula merah
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Campur bumbu halus, kacang tanah halus dan air matang, aduk rata.
2. Sajikan sambal pecel dengan sayuran rebus dan kerupuk pasir (kadang biasa disebut krupuk kere).
Oh iya kalau ingin lebih kental dan terasa tambahi kacangnya ya... semakin banyak takarannya akan terasa gimana gitu....

Friday, October 19, 2012

PECEL PUNTEN KEDIRI

Seperti janji saya di postingan Pecel Punten... kalau sudah ke tempat penjual pecel Punten plus menikmatinya pasti akan saya posting lagi... hehehe beberapa hari lalu saya muter-muter Kediri untuk mencari keberadaan Pecel Punten yang terkenal dan sampai masuk televisi.. Piye to rasane...

Setelah cari info ke sana kemari akhirnya tahu pas alamatnya yaitu kalau di kediri langsung saja ke PG Pesantren lalu jalan lurus ke arah Timur samapai terminal mikrolet Tempurejo... nah kali ini terus jalan lurus (masuk jalan yang lebih kecil) dari situ sekitar 200 meter akan terlihat di kiri jalan.

Kalau pas jam makan siang banyak sekali lho yang datang, jadi hindari jam makan siang kalau ingin menikmati lokasi yang ada. Ruang nya nggak kayak restoran lho .. lesehan dan beratap seng + jerami sederhana. Depan terlihat sawah... jadi bisa sekalian refreshing.

RAsa pecel ini sebenarnya sama kok sama pecel lainnya, cuman disini nggak pakai nasi... tapi Punten yaitu nasi yang diulet / dicampur sama kelapa. Rasanya enak dan krupuknya nggak pakai peyek tapi krupuk pasi (biasa di kediri disebut krupuk kere)

Ini dia foto nya... enak tenan, oh iya minumannya bisa milih... es degan juga ada... pecel Punten dan es degan  + tempe habis Rp 6.000   heheheheheh murah buanget....

Saturday, June 16, 2012

PECEL PUNTEN

Beberapa hari ini di kediri lagi booming berita wisata kuliner Pecel Punten, sayang lokasi yang tepat tidak diberitahukan... walau ada kabar sih dari saudara kalau Penjual Pecel Punten ini di daerah Pesantren (Pabrik Gula Pesantren). Tapi samapai sekarang masih belum menemukannya...

Pecel punten ini memang agak sulit pembuatannya, rasanya memang berbeda... saya pernah sih mengicipinya... cuman itu dulu dimana para penjual punten masih banyak, maklum sistem pembuatannya yang sedikit ruwet, Btw kalau nanti sudah ketemu dan ada fotonya pasti deh tak pajang.... jarang pulang kediri sih...

Friday, January 21, 2011

PECEL MAKANAN MURAH BERGIZI DAN ENAK

Pecel makanan dikota ku, setiap pagi dulu ibuku selalu memberi pecel. Pecel merupakan makanan yang kaya akan serat dan bergizi tinggi, terutama taoge, dimana taoge sangat bermanfaat bagi wanita untuk menyuburkan kandungan.

Resep Bahan Pecel :

* 150 gram kangkung muda
* 150 gram kacang panjang, potong @ 2 cm
* 150 gram bayam muda
* 200 gram taoge atau jenis sayur lain
* garam menurut selera
* rempeyek kacang

Resep Sambal Pecel :

* 250 gram kacang tanah sangrai/goreng, cincang kasar
* 6 buah cabai rawit
* 2 buah cabai merah
* 1 sendok teh kencur cincang
* 3 siung bawang putih
* 3 lembar daun jeruk purut
* 1 sendok teh asam jawa
* 1/4 sendok teh terasi
* 300 ml air matang
* garam dan gula merah menurut selera

Cara Membuat Pecel :

1. Rebus secara terpisah masing-masing sayuran, tiriskan.
2. Sambal pecel : tumis cabai, kencur, bawang putih, dan daun jeruk dengan 3 sendok makan minyak goreng, tiriskan. Haluskan bersama kacang goreng, beri air matang, aduk kental. Hidangkan sayuran dengan sambal dan rempeyek kacang.
3. Rempeyek kacang : haluskan 10 buah kemiri sangrai/goreng, 5 siung bawang putih, 2 sendok teh kencur cincang, 1 sendok teh ketumbar, dan 1 sendok teh garam.
4. Campur 200 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, bumbu halus, 1 butir telur kocok, aduk, tuangi 450 ml santan cair sambil diaduk menjadi adonan yang licin. Masukkan 5 lembar daun jeruk purut iris halus, dan 200 gram kacang.
5. Tuang 1 sendok sayur adonan di pinggir penggorengan. Biarkan mengeras, lepaskan dengan sendok penggorengan, bawa ke tengah, goreng dengan api kecil sambil dibolak-balik hingga kering kecokelatan. Angkat, tiriskan.

Sedangkan cara penyampaian hidangan PECEL ini adalah lebih enak memakai pincuk (daun pisang), taruh nasih yang hangat, berikutnya sayur-sayuran yang telah disediakan baru diberi bumbu pecel. kadang ada juga yang seneng rempeyek di kasih bumbu pecelnya, lembek tapi mak krius.... jadi lapar deh...

Saturday, March 20, 2010

PECEL-PECEL

Kalau pas kesel banget biasanya badan kita jadi pecel-pecel, eh pegel-pegel. KAlau pecel ya tentu enak. Seperti biasa kalau makan pecel belakangan ini saya sudah nggak mau lagi pakai sambal yang pedas. MAklum perut sering error.

Dan ternyata sekarang ini di sekitar kita area Sidoarjo- Surabaya sudah banyak sekali yang berjualan pecel bahkan Pecel Tumpang By Kediri. Rasanya juga ok... dan ternyata penjualnya emang asli dari Kediri. Perlu diketahui khusus untuk sambal tumpang samapi saat ini masih saja pedes... sambal yang berasal dari tembok yang dibusukkan lagi, biasanya memang enak kalau dimakan yang pedes-pedes...

Wednesday, September 16, 2009

Pecel MAdiun

Ya... setelah bermain Badminton langsung saja saya cari bungkus pecel langganan, karena udah jam 12 malam habis deh pecel ponorogo favorite ku (tapi penjualnya dari kediri lho ... aneh) jadinya terpaksa deh beli pecel madiun... agak pedes sich... GPP deh buat saur.. lumayan.

Monday, June 8, 2009

Pecel membuat sakit perutku

walau makanan ini favoritku tapi ternyata nggak bersahabat bagi perutku yang usdah terkena mag... Kalau pedes apalagi.... wah bisa mencret... ini bukan sugesti tapi emang benar gitu. Tapi sejak kecil aku makannya Pecel tumpang mie. TApi jarang makan sayur jadi tambah keras hasilnya pembuanganya.

yang paling aman ya pakai pecel ponorogo.. kan ada sambelnya yang manis... walau dibilang neg.... tapi saya seneng juga sih.... banyak kacang bumbunya lebih oke ..... Jadi selalu ada solusinya.